IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI PERGURUAN TINGGI VOKASI (Studi Kasus di AKN Aceh Barat)

Riza Hasan,

Abstract


Abstract

This study aims to determine how the implementation of character education values through civic education courses in universities. This research uses classroom action research (CAR). This CAR research is collaborative, which integrates the values of character education through civic education learning to grow and develop the value of character education in each individual student by using an approach model according to John Elliot which includes four stages, namely planning, implementation, observation, and reflection. This study consisted of two cycles, each cycle changed according to the findings of the problems in the classroom. The subjects in this study were students of AKN Aceh Barat. They are collecting data using observation and documentation. The data analysis technique includes three paths: data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study stated several findings, including: 1) The implementation of learning through the cycle I showed the character values of students did not grow and develop optimally, there were still problems related to the low values of some character values in students' personalities; 2) The implementation of learning through the second cycle shows that the implementation of character education values through civic education has fully grown and developed optimally for each individual student. These character values include: honesty, discipline, caring, and responsibility

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai pendidikan karakter melalui mata kuliah pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian PTK ini bersifat kolaboratif, yaitu mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk menumbuhkan dan mengembangkan nilai pendidikan karakter pada setiap pribadi mahasiswa dengan menggunakan model pendekatan menurut John Elliot yang meliputi empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus dilakukan perubahan sesuai dengan temuan-temuan permasalahan di kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa AKN Aceh Barat. Pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data mencakup tiga alur, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan beberapa temuan, antara lain: 1) Pelaksanaan pembelajaran melalui siklus  I menunjukkan nilai karakter mahasiswa tidak tumbuh dan berkembang secara optimal, masih ditemukan  adanya permasalahan berkaitan dengan  rendahnya beberapa nilai karakter pada pribadi mahasiswa; 2) Pelaksanaan pembelajaran melalui siklus ke II menunjukkan implementasi nilai pendidikan karakter melalui pendidikan kewarganegaraan sepenuhnya telah dapat tumbuh dan berkembang secara optimal pada setiap pribadi  mahasiswa. Nilai-nilai karakter tersebut antara lain: sikap jujur, disiplin, peduli dan tanggung  jawab.


Keywords


Pendidikan karakter; Pendidikan kewarganegaraan; Perguruan tinggi vokasi.

Full Text:

PDF

References


Birhan, Wohabie, Gebeyehu Shiferaw, Alem Amsalu, Molalign Tamiru, dan Haregewoin Tiruye. 2021. “Exploring the Context of Teaching Character Education to Children in Preprimary and Primary Schools.” Social Sciences & Humanities Open 4(1):100171. doi: https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2021.100171.

Dewi, Rinita Rosalinda, Edi Suresman, dan Lidya Mustikasari. 2020. “Implementasi Kebijakan Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi.” Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi 9(1).

Djazilan, Sukron, Nafiah Nafiah, dan Sri Hartatik. 2021. “Implementasi Pendidikan Karakter Integritas Sub Nilai Kejujuran Melalui Program Kantin Kejujuran Di Sekolah Dasar.” EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan 3(6):3565–78.

Fraguas, David, Covadonga M. Díaz-Caneja, Miriam Ayora, Manuel Durán-Cutilla, Renzo Abregú-Crespo, Iciar Ezquiaga-

Bravo, Javier Martín-Babarro, dan Celso Arango. 2021. “Assessment of School Anti-Bullying Interventions: A Meta-Analysis of Randomized Clinical Trials.” JAMA Pediatrics 175(1):44–55.

Hasan, Riza. 2022. “Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Dan Bela Negara Mahasiswa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi.” Jurnal Tunas Pendidikan 5(1):8–20.

Herlina, Ning. 2017. “Pendidikan Kewarganegaraan Dan Pancasila Untuk Membangun Karakter Bangsa Indonesia Di Universitas PGRI Palembang Provinsi Sumatera Selatan (Prospek Dan Tantangan Bagi Mahasiswa PGRI Palambang).” dalam Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Herman. 2022. “Metodologi Penelitian Pendidikan.” Buku Cetakan Pertama(April):197.

Isnawan, Fuadi. 2021. “Konten Prank Sebagai Krisis Moral Remaja Di Era Milenial Dalam Pan-Dangan Psikologi Hukum Dan Hukum Islam.” Jurnal Surya Kencana Satu: Dinamika Masalah Hukum Dan Keadilan 12(1):59–74.

Mentari, Ana, Hermi Yanzi, dan Devi Sutrisno Putri. 2021. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi.” Jurnal Kultur Demokrasi 10(1):1–8.

Sandowil, Oktatul, A. Mury Yusuf, dan Herman Nirwana. 2021. “Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Keluarga Dalam Pendidikan Nasional.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(2):3940–43.

Sugiarni, Rani, Ari Septian, Dadang Juandi, dan Siti Julaeha. 2021. “Studi Penelitian Tindakan Kelas: Bagaimana Meningkatkan Pemahaman Matematis Pada Siswa?” Journal of Instructional Mathematics 2(1):21–35. doi: https://doi.org/10.37640/jim.v2i1.905.

Tarmon, Gasam, Minhatul Ma’arif, dan Reni Suwenti. 2021. “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di STKIP Syekh Manshur.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3(6):4374–82. doi: DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1465.

Usman, Husaini, dan Purnomo Setiady Akbar. 2017. Metodologi Penelitian Sosial (Edisi Ketiga). Vol. 3. 3 ed. Jakarta: Bumi Aksara.

Wibowo, Edi Wahyu. 2020. “Analisis Pendidikan Karakter Religius, Peduli Sosial, Dan Peduli Lingkungan Terhadap Kedisiplinan (Studi Kasus Mahasiswa Administrasi Perkantoran Politeknik LP3I Jakarta).” Jurnal Lentera Bisnis 9(2):31–38. doi: DOI : 10.34127/jrlab.v9i2.379.




DOI: https://doi.org/10.38038/vocatech.v4i1.105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOCATECH : Vocational and Technology Journal
Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat & Penjaminan Mutu
Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat

Komplek STTU Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23615
Telp.  (0655) 7110271
Email: vocatech@aknacehbarat.ac.id

 

VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal Published by:

Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat & Penjaminan Mutu
Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat

Indexed by:

       

 

VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017. VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal (p-ISSN 2716-5183, e-ISSN 2686-4770)