Penggunaan ChatGPT Sebagai Sumber Pembelajaran Adaptif Untuk Menanggapi Kebutuhan Individu Siswa

Hermila A., Rahmat Taufik R.L Bau, Abd. Aziz Bouty

Abstract


The existence of ChatGPT opens new opportunities to improve the effectiveness of the learning process, especially in the interaction between teachers and students. This research seeks to reveal the benefits of using ChatGPT in the environment of high school students. As previously stated, students mostly feel the positive impact of using ChatGPT. Thus, this study proposes to examine the use of technology in learning more deeply from the perspective of high school students. This research uses quantitative and qualitative approaches. We aim to see how ChatGPT technology is utilized in learning, specifically in the scope of high school. The sample of this study was 41 class XII students randomly selected as representatives of each class XII at SMA Negeri 1 Kabila. Data collection techniques include physical and online questionnaires (Google Forms) and interviews. The analysis used is quantitative descriptive analysis to see student response to using ChatGPT in learning, then qualitative descriptive to find out students' positive and negative reactions after using ChatGPT. The analysis results show the % of pleasant and helpful learning experiences using ChatGPT is 83%. Then, 76% of students said the content provided by ChatGPT followed learning needs. This follows the students' opinion that the use of ChatGPT in learning is 73%. The student's interest in continuing to use ChatGPT is 68%. Finally, 41% of students said they understood the use of ChatGPT. Conclusion The utilization of ChatGPT in learning positively impacts student engagement and improves the quality of interaction in independent learning and in class. This research provides a basis for further development in optimizing the use of this technology in an educational context.

Keberadaan ChatGPT membuka peluang baru untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran, khususnya dalam interaksi antara guru dan siswa. Penelitian ini berusahan mengungkap bagaimana kebermanfaatan dari penggunaan ChatGPT dalam lingkungan peserta didik khusus sekolah menengah, seperti yang telah diungkapkan sebelumnya bahwa dampak positif penggunaan ChatGPT kebanyakan  dirasakan oleh mahasiswa. Sehingga, penelitian ini diusung mengkaji lebih dalam mengenai penggunaan teknologi dalam pembelajaran dalam perspektif peserta didik lingkup sekolah menengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Bertujuan untuk melihat bagaimana pemanfaatan teknologi ChatGPT dalam pembelajaran khusus dalam lingkup sekolah menegah. Sampel penelitian ini sebanyak 41 orang siswa kelas XII yang dipilih secara random perwakilan dari setiap kelas XII di SMA Negeri 1 Kabila. Teknik pengumpulan data melaui kuesioner fisik dan online (google form) serta wawancara. Analisis yang digunakan yaitu analaisis deskriptif kuantitatif untuk melihat tingkat respon siswa terhadap penggunaan ChatGPT dalam pembelajaran, kemudian deskriptif kualitatif untuk mengetahui respon positif dan negative siswa setelah menggunakan ChatGPT. Hasil analisis menunjukkan persentase pada pengalaman belajar yang menyenangkan serta membantu menngunakan chat GPT yaitu sebesar 83%. Kemudian 76% siswa mengatakan konten yang diberikan ChatGPT sesuai dengan kebutuhan belajar. Hal ini sesuai dengan pendapat siswa bahwa penggunaan ChatGPT dalam pembelajaran sebesar 73%. Minat siswa unuk terus menggunakan ChatGPT sebesar 68%. Dan terakhir pemahaman siswa menggunakan ChatGPT sebesar 41 % siswa mengatakan paham. Kesimpulan Pemanfaatan ChatGPT dalam pembelajaran membawa dampak positif dalam keterlibatan siswa dan meningkatkan kualitas interaksi dalam pembelajaran mandiri maupun dikelas. Penelitian ini memberikan dasar bagi pengembangan lebih lanjut dalam mengoptimalkan penggunaan teknologi ini dalam konteks pendidikan.


Keywords


Teknologi AI; ChatGPT; ChatGPT dalam pembelajaran; teknologi pembelajaran; media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


alifafrian. (2023). Peran AI Dalam Pendidikan Di Masa Depan. kumparan. https://kumparan.com/alifafrian1704/peran-ai-dalam-pendidikan-di-masa-depan-20qjgMkRCLd

eraspace.id. (2023). Peran AI Dalam Dunia Pendidikan, Bantu Siswa dan Guru. Eraspace. https://eraspace.com/artikel/post/peran-ai-dalam-dunia-pendidikan-bantu-siswa-dan-guru

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2023). Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Ditinjau dari Sudut Pandang Moral. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4779

Hakim, L. (2022, December 8). Peranan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dalam Pendidikan. Ppg.Kemdikbud.Go.Id. https://ppg.kemdikbud.go.id/news/peranan-kecerdasan-buatan-artificial-intelligence-dalam-pendidikan

Hidayanti, W., & Azmiyanti, R. (2023). Dampak Penggunaan Chat GPT pada Kompetensi Mahasiswa Akuntansi: Literature Review. Seminar Nasional Akuntansi Dan Call for Paper, 3(1), Article 1.

hmpspfis.uin-suka.ac.id. (2023). Forum Diskusi “Pengaruh Penggunaan Chat GPT (AI) terhadap Pendidikan.” https://hmpspfis.uin-suka.ac.id/id/berita/detail/7777/forum-diskusi-pengaruh-penggunaan-chat-gpt-ai-terhadap-pendid

Kompasiana.com. (2023). Dampak dari Penggunaan Chat GPT bagi Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Halaman 1—Kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/triutamifebriyani7926/650f949d08a8b524352c3e32/dampak-dari-penggunaan-chat-gpt-bagi-mahasiswa-dalam-proses-pembelajaran

Mairisiska, T., & Qadariah, N. (2023). PERSEPSI MAHASISWA FTIK IAIN KERINCI TERHADAP PENGGUNAAN CHATGPT UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v13i2.2653

Maulana, M. S., Nurmalasari, Widianto, S. R., Safitri, S. D. A., & Maulana, R. (2023). PELATIHAN CHAT GPT SEBAGAI ALAT PEMBELAJARAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE DI KELAS. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Jotika, 3(1), Article 1.

Merentek, T. C., Usoh, E. J., & Lengkong, J. S. J. (2023). Implementasi Kecerdasan Buatan ChatGPT dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26862–26869.

M.Pkim, T. H., S. Pd, & MSi, D. E. R., S. Si. (2023). Berteman dengan ChatGPT: Sebuah Transformasi dalam Pendidikan. EDU PUBLISHER.

Nailus, S., & Hasanudin, C. (2023). Implementasi ChatGPT sebagai Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Society 5.0. Seminar Nasional Daring Sinergi, 1(1), Article 1.

Pontjowulan, P. (2023). Implementasi Penggunaan Media ChatGPT dalam Pembelajaran Era Digital. Educationist: Journal of Educational and Cultural Studies, 2(2), Article 2.

Serdianus, S., & Saputra, T. (2023). PERAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE CHATGPT DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Masokan Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.34307/misp.v3i1.100

Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i1.3680

Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT Dalam Dunia Pendidikan. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 158–166. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1248




DOI: https://doi.org/10.38038/vocatech.v5i2.170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOCATECH : Vocational and Technology Journal
Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat & Penjaminan Mutu
Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat
Komplek STTU Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23615
Telp. (0655) 7110271
Email: vocatech@aknacehbarat.ac.id


VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal Published by:
Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat & Penjaminan Mutu
Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat


Indexed by:

GS2 logoCrossref logoGaruda logosinta-5 logosinta-5 logo

Creative Commons License logo

VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.