PERSEPSI MAHASISWA VOKASI TERHADAP PEMBUATAN TUGAS VIDEO PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA DI AKN ACEH BARAT
Abstract
Abstract
The Religious Education course makes video projects an alternative assignment. This video project aims to hone students' abilities to translate the thoughts and theories they have learned into video form. The aim of the study was to find out the perceptions of vocational students towards making video assignments in the Religious Education course at AKN Aceh Barat. Quantitative descriptive research method using survey methods. The subjects of this study were first semester students of Metal Welding Technology Study Program, Electrical Network Installation and Maintenance Study Program, and Concrete Foundation Construction and Road Paving Study Program who took the Religious Education course. The research sample used a purposive sampling technique of 15 students from three study programs. The research data source uses a questionnaire in Google Form format. Based on the results of the research and discussion, it can be concluded that the perception of vocational students towards making video assignments in the Religious Education Course at AKN Aceh Barat is very good. Video assignments provide new experiences, make students creative in digital da'wah, and God willing, they will become charity.
Abstrak
Mata kuliah Pendidikan Agama menjadikan proyek video sebagai alternatif tugas. Proyek video ini bertujuan mengasah kemampuan mahasiswa menuangkan pemikiran dan teori yang telah dipelajari ke dalam bentuk video. Tujuan penelitian untuk mengetahui persepsi mahasiswa vokasi terhadap pembuatan tugas video pada mata kuliah Pendidikan Agama di AKN Aceh Barat. Metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Subjek penelitian ini mahasiswa semester satu Prodi Teknologi Pengelasan Logam, Prodi Instalasi dan Pemeliharaan Jaringan Listrik, dan Prodi Konstruksi Pondasi Beton dan Pengaspalan Jalan yang mengikuti mata kuliah Pendidikan Agama. Sampel penelitian menggunakan teknik purpose sampling sebanyak 15 mahasiswa dari tiga prodi. Sumber data penelitian menggunakan angket dalam format google form. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa mahasiswa vokasi setuju pembuatan tugas video pada mata kuliah Pendidikan Agama di AKN Aceh Barat sangat baik dan perlu dilanjutkan. Tugas video memberikan pengalaman baru, membuat mahasiswa kreatif dalam dakwah digital, dan insya Allah menjadi amal jariyah.
Full Text:
PDFReferences
Agung, A. A. E. A. A., Astari, E., & Indiani, N. L. I. N. L. (2022). Pengaruh Content Creator Pada Aplikasi Reel Instagram Dalam
Meningkatkan Inovasi Generasi Muda. Nusantara Hasana Journal, 2(4), 133–141.
Bimo, W. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV Andi.
Daryanto, I. E., Darwin, M. P., Siregar, I. B., & Januariyansah, S. (2022). Model Manajemen Pelatihan Pendidikan Vokasi. UMSU Press.
Harahap, J., Wahyudin, W., Hasnita, H., & Lutfhi, L. (2022). Analisis Eksperimental Dan Numerik Uji Tarik Hasil Pengelasan Smaw Pada Baja Karbon Rendah Dengan Variasi Jenis Elektroda Terhadap Sifat Mekanis. VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal, 4(1), 8–17.
Hasan, R. (2022). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi Vokasi (Studi Kasus di AKN Aceh Barat). VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal, 4(1), 76–84.
Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28.
Hidayati, I., Harahap, F. I. N., Eza, G. N., & Wulan, D. S. A. (2022). Efektifitas Membuat Video Pembelajaran dalam Pemenuhan Tugas Project Bagi Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan. Journal on Teacher Education, 4(2), 1017–1024.
Istanti, H. N. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Video Konstruksi Pola Pada Program Studi Tata Busana. Home Economics Journal, 6(1).
Mardhiya, J., Setiowati, H., & Harahap, L. K. (2020). Proyek Video sebagai Asesmen Alternatif dalam Pembelajaran Daring Mata Kuliah Kimia Dasar. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry (On Progress), 12(2), 46–54.
Muhaemin, E. (2017). Dakwah Digital Akademisi Dakwah. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 11(2), 341–356.
Muhamad, M. R. (2010). Merintis Kecemerlangan Islam. Karya Bestari.
Nurrahmi, F., & Farabuana, P. (2020). Efektivitas Dakwah Melalui Instagram. Nyimak: Journal of Communication, 4(1), 1–16.
Prajawinanti, A. (2020). Pemanfaatan Buku oleh Mahasiswa Sebagai Penunjang Aktivitas Akademik di Era Generasi Milenial. Pustaka Karya: Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 8(1), 34–45.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung, 25.
Ummah, A. H., Khatoni, M. K., & Khairurromadhan, M. (2020). Podcast sebagai Strategi Dakwah di Era Digital: Analisis Peluang Dan Tantangan. KOMUNIKE: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 12(2), 210–234.
Wardina, U. V., Jalinus, N., & Asnur, L. (2019). Kurikulum pendidikan vokasi pada era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan, 20(1), 82–90.
Wijaya, C. (2017). Perilaku organisasi. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
Wiharja, H., & Firnanda, A. (2021). Career Understanding, Motivation, and Students’ Decision-Making to Choose Vocational High School (SMK) in Non-Industrial Area. JURNAL PENDIDIKAN TEKNOLOGI KEJURUAN, 4(2). https://doi.org/10.24036/jptk.v4i2.20923
Yoyo Sudaryo, S. E., MM, A., Efi, N. A. S., R Adam Medidjati, S. E., & Hadiana, A. (2019). Metode Penelitian Survei Online dengan Google Forms. Penerbit Andi.
DOI: https://doi.org/10.38038/vocatech.v4i2.116
Refbacks
- There are currently no refbacks.
VOCATECH : Vocational and Technology Journal
Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat & Penjaminan Mutu
Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat
Komplek STTU Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23615
Telp. (0655) 7110271
Email: vocatech@aknacehbarat.ac.id
VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal Published by:
Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat & Penjaminan Mutu
Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat
Indexed by:

VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.