Pengaruh Penggunaan Teknologi ChatGPT Terhadap Kualitas Tugas Siswa Kelas X Di SMA Gorontalo
Abstract
Abstract
The popularity of AI technology in learning has increased significantly. One example is ChatGPT, an AI model developed by OpenAI using the ‘Generative Pre-trained Transformer’ (GPT) architecture to automatically generate conversational text. This study aims to evaluate the contribution of artificial intelligence (AI) technology, specifically ChatGPT, in improving the quality of student assignments. Using a causality method with a quantitative approach, this study involved 81 grade X students at SMA Negeri 1 Gorontalo. The research was conducted through four main stages, namely preliminary studies, data collection, data analysis, and report writing. Based on the validity test with a sample of N=35 at the 5% significance level, the variabel X statement instrument was declared valid. Meanwhile, the reliability test showed a Cronbach's Alpha value of 0.759, which means that the indicators of student assignment quality were declared reliable. The results of the simple regression analysis revealed that the tcount of 1.770 was greater than the ttable of 1.994 at the 5% significance level, so Ha was accepted and Ho was rejected. Thus, there is a significant effect of using AI ChatGPT technology on improving the quality of student assignments, indicating that this AI contributes effectively to the learning process.
Keywords:
AI Technology; ChatGPT; Student assignments
Abstrak
Popularitas teknologi AI dalam pembelajaran menunjukkan peningkatan signifikan. Salah satu contohnya adalah ChatGPT, model AI yang dikembangkan oleh OpenAI dengan menggunakan arsitektur "GenerativePre-trainedTransformer" (GPT) untuk menghasilkan teks percakapan secara otomatis. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kontribusi teknologi kecerdasan buatan (AI), khususnya ChatGPT, dalam meningkatkan kualitas tugas siswa. Menggunakan metode kausalitas dengan pendekatan kuantitatif, studi ini melibatkan 81 siswa kelas X di SMA Negeri 1 Gorontalo. Penelitian dilakukan melalui empat tahapan utama, yakni studi pendahuluan, pengambilan data, analisis data, dan penulisan laporan. Berdasarkan uji validitas dengan sampel N=35 pada tingkat signifikansi 5%, instrumen pernyataan variabel X dinyatakan valid. Sementara itu, uji reliabilitas menunjukkan nilai Cronbach's Alpha sebesar 0,759, yang berarti indikator kualitas tugas siswa dinyatakan reliabel. Hasil analisis regresi sederhana mengungkapkan bahwa thitung sebesar 1,770 lebih besar dari ttabel sebesar 1,994 pada taraf signifikansi 5%, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, ada pengaruh signifikan dari penggunaan teknologi AI ChatGPT terhadap peningkatan kualitas tugas siswa, menunjukkan bahwa AI ini berkontribusi efektif dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci:
Teknologi Ai; ChatGPT; Tugas siswa
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A., H., Bau, R. T. R. L., & Bouty, Abd. A. (2024). Penggunaan chatGPT sebagai sumber pembelajaran adaptif untuk menanggapi kebutuhan individu siswa. VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal, 5(2), 126–135. https://doi.org/10.38038/vocatech.v5i2.170
Afiana, F. N., Bratakusuma, T., Rifai, Z., Pribadi, P., Dian, O. A., & Karomatunnisa, H. (2021). Aplikasi pembelajaran anak usia dini untuk menentukan minat bakat dengan teknologi AI. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 7(2), 197.
Ajizah, I. (2021). Urgensi Teknologi Pendidikan : Analisis kelebihan dan kekurangan teknologi pendidikan di era revolusi industri 4.0. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(1), 26.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2023). KBBI VI Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2023). Tantangan penggunaan ChatGPT dalam pendidikan ditinjau dari sudut pandang moral. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 457. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4779
Farwati, M., Salsabila, I. T., Navira, K. R., & Sutabri, T. (2023). Analisa pengaruh teknologi artificial intelligence (ai) dalam kehidupan sehari-hari. Jursima: Jurnal Sistem Informasi & Manajemen, 11(1), 41.
H.I.A, P. (2023). Implementasi penggunaan media chat gpt dalam pembelajaran era digital. Educationist: Journal of Educational and Cultural Studies, 2(2), 1–8.
Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terhadap kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 123. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622
Jeprianto, J., Ubabuddin, U., & Herwani, H. (2021). Penilaian pengetahuan penugasan dalam pembelajaran di sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 17–18. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v2i1.55
Komarudin, M. (2021). Analisis penjualan, free cash flow dan profitibility sektor semen di era pembangunan infrastruktur transportasi di Indonesia. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 14(1), 194–211. https://doi.org/10.46306/JBBE.V14I1.72
Kumboro, Y. B., Pratama, H. I., Waskitho, N. N., & Setyaningsih, P. W. (2023). Pemanfaatan chatgpt sebagai bahan referensi kerja. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Ilmu Komputer, 1(1), 1-12.
Lubis, M. S. Y. (2021). Implementasi artificial intelligence pada system manufaktur terpadu. Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) UISU, 4(1), 1. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek/article/view/4134
Mardatillah, O., & Prayudha.S, J. (2024). The importance of critical thinking skill to vocational students: strategies and benefits. VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal, 5(2), 115–125. https://doi.org/10.38038/vocatech.v5i2.136
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 92. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Pontjowulan, P. (2023). Implementasi penggunaan media chatGPT dalam pembelajaran era digital. Educationist: Journal of Educational and Cultural Studies, 2(2), 1–8. https://jurnal.litnuspublisher.com/index.php/jecs/article/view/156
Purba, F. J. (2019). Pengaruh metode pemberian tugas terhadap hasil belajar siswa. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 7(1), 16. https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i1.13504
Rudini, Moh., & Agustina, A. (2021). Analisis motivasi siswa dalam mengerjakan tugas rumah di SMA Al-Mannan Tolitoli. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.496
Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan chatGPT untuk pendidikan di era education 4.0: Usulan inovasi meningkatkan keterampilan menulis. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), 54. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i1.3680
Sholihatin, E., Saka, A. D. P., Andhika, D. R., Ardana, A. P. S., Yusaga, C. I., Fajar, R. I., & Virgano, B. A. (2023). Pemanfaatan teknologi chat GPT dalam pembelajaran bahasa indonesia di era digital pada mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. Jurnal Tuah Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa, 5(1), 2.
Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan chat GPT dalam dunia pendidikan wahid. Education Journal : Journal Education Research and Development, 7(2), 161 & 162.
Wibowo, T. U. S. H., Akbar, F., Ilham, S. R., & Fauzan, M. S. (2023). Tantangan dan peluang penggunaan aplikasi chat GPT dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah berbasis dimensi 5.0. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(2), 72. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i2.4226
Yusnarti, M., & Wahyuni, N. (2020). Pengaruh pemberian tugas terhadap hasil belajar IPA siswa SD Negeri 19 Woja tahun pembelajaran 2017/2018. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(3), 597. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/160
Zahara, S. L., Azkia, Z. U., & Chusni, M. M. (2023). Implementasi teknologi artificial intelligence (AI) dalam bidang pendidikan. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 3(1), 16. https://doi.org/10.23971/jpsp.v3i1.4022
DOI: https://doi.org/10.38038/vocatech.v6i1.178
Refbacks
- There are currently no refbacks.
VOCATECH : Vocational and Technology Journal
Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat & Penjaminan Mutu
Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat
Komplek STTU Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23615
Telp. (0655) 7110271
Email: vocatech@aknacehbarat.ac.id
VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal Published by:
Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat & Penjaminan Mutu
Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat
Indexed by:

VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.