Evaluasi Penanganan Kerusakan Jalan Akibat Peningkatan Volume Lalu Lintas
Abstract
Abstract
The population and number of vehicles are increasing every year, making road transportation infrastructure crucial. The Twi Slimeng - Empee Bata road, located in Blang Bintang, Aceh Besar Regency, connects several villages in the district to urban areas. The road is 2,110 km long and 3.5 meters wide, with a flexible pavement type. Due to the rising vehicle volume, the road has suffered serious damage, especially posing a high risk to motorcyclists' safety. The research aims to upgrade and rehabilitate the road from class III to class II and widen it to improve safety and comfort for road users. The 2018 Bina Marga method (Revision 02) No.16.1/SE/Db/2020 is used for this research. The findings indicate various types of damage along the road, including patches (1.94%), crocodile cracks (4.50%), longitudinal cracks (1.61%), grain release (2.03%), roughness (0.47%), and potholes (4.97%). The research recommends implementing a regular maintenance program to address road damage and enhance the safety and comfort of road users.
Keywords:
Damaged road, Highways, Vehicle volume, Rehabilitation, Flexible pavement
Abstrak
Pertumbuhan populasi dan jumlah kendaraan semakin meningkat setiap tahun sehingga infrastruktur transportasi jalan menjadi hal yang sangat krusial. Jalan Twi Slimeng - Empee Bata, Kec. Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar merupakan jalan yang menghubungkan beberapa desa di Kec. Blang Bintang menuju perkotaan. Jalan ini memiliki tipe perkerasan lentur dengan panjang jalan 2,110 km dan lebar jalan 3,5 meter. Jalan ini mengalami kerusakan serius akibat peningkatan volume kendaraan, yang berisiko tinggi bagi keselamatan pengendara sepeda motor. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan/rehabilitasi kelas jalan yang diakibatkan oleh meningkatnya volume kendaran di jalan Twi Slimeng - Empee Bata. Untuk mengatasi masalah tersebut, akan direncanakan peningkatan dan rehabilitasi jalan Twi Slimeng - Empee Bata dari kelas III ke kelas II, serta pelebaran jalan. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan. Metode penelitian ini menggunakan metode Bina Marga tahun 2018 (Revisi 02) No.16.1/SE/Db/2020. Hasil dari penelitian ini meliputi jalan Twi Slimeng - Empee Bata mempunyai beberapa jenis kerusakan yaitu tambalan (1,94%), retak buaya (4,50%), retak memanjang (1,61%), pelepasan butir (2,03%), rough (0,47%) dan lubang (4,97%) di sepanjang ruas jalan. Hasil penelitian merekomendasikan program pemeliharaan berkala untuk menangani kerusakan jalan dan meningkatkan keselamatan serta kenyamanan pengguna jalan.
Kata Kunci:
Jalan rusak, Bina marga, Volume kendaraan, Rehabilitasi, Perkerasan lentur
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bagaskara, R., Riani, D., & Murniati, M. (2022). Kinerja sisa umur rencana jalan berdasarkan pertumbuhan lalu lintas di kota palangkaraya. Jurnal Kacapuri : Jurnal Keilmuan Teknik Sipil, 4(2), 194–201. https://doi.org/10.31602/jk.v4i2.6426
Dirjen Bina Marga. (1990). Tata cara penyusunan program pemeliharaan jalan kota no.018/T/ BNKT/ 1990 (Issue 018, pp. 18–19).
Hardiyatmo, H. C. (2007). Pemeliharaann jalan raya (Pertama). Gadjah Mada Universitisy Press.
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (2018). Peraturan menteri pekerjaan umum dan perumahan rakyat nomor 05/ PRT/M/2018 (pp. 1–20).
Misdawati, M., Said, L. B., & H, S. M. (2021). Analisis penurunan umur rencana jalan akibat volume kendaraan dan kelebihan muatan pada ruas jalan jend. ahmad yani kota parepare. Journal Flyover (JFO), 01(02), 38–47. https://doi.org/https://doi.org/10.52103/jfo.v1i2.749
Oglesby, C. H., & Hicks, R. G. (1999). Teknik jalan raya jilid 1. Gramedia.
Purwahono, F. P., & Solichin, I. (2023). Analisa pengaruh beban kendaraan terhadap sisa umur rencana jalan dengan metode bina marga 2017 pada ruas jalan brigjend katamso - jalan raya berbek - jalan raya wadung asri (sta 0+000 – sta 5+000). INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 9919–9933.
Safitra, P. A., Sendow, T. K., & Pandey, S. V. (2019). Analisa pengaruh beban berlebih terhadap umur rencana jalan (Studi kasus: Ruas jalan manado - bitung). Jurnal Sipil Statik, 7(3), 319–328.
Santosa, R., Sujatmiko, B., & Krisna, F. A. (2021). Analisis kerusakan jalan menggunakan metode PCI dan metode bina marga (Studi kasus jalan ahmad yani kecamatan kapas kabupaten bojonegoro). Ge-STRAM: Jurnal Perencanaan Dan Rekayasa Sipil, 04(02), 104–111. https://doi.org/https://doi.org/10.25139/jprs.v4i2.4196
Sukirman, S. (1999). Dasar-dasar perencanaan geometrik jalan. Nova.
Tanjung, F. O., Rita, E., & Zufrimar. (2020). Analisis kerusakan jalan perkerasan lentur dengan menggunakan metode pavement condition index (Pci) dan metode bina marga beserta penanganannya (studi kasus: Ruas jalan bypass kota pariaman Sta 52+100-Sta 57+100). Abstract of Undergraduate Research, Faculty of Civil and Planning Engineering, Bung Hatta University, 1(1).
Taufikkurrahman. (2021). Analisa kerusakan jalan berdasarkan metode bina marga (Studi kasus jalan mangliawan – tumpang kabupaten malang). Jurnal Ilmu – Ilmu Teknik - Sistem, 17(1), 45–53. https://doi.org/https://doi.org/10.37303/sistem.v17i1.206
Tenriajeng, A. T. (2002). Seri diktat kuliah rekayasa jalan 2. Gunadarma.
Wardani, A., Kristiawan, A., & Samsudin, N. (2020). Analisis kerusakan jalan akibat volume kendaraan “Studi kasus : Jalan raya semarang boja km 38 – 42.” Jurnal Teknik Sipil Giratory UPGRIS, 1(1), 49–57. https://doi.org/10.26877/giratory.v1i1.7907
Wibisono, G. I., Ramadan, F. E., & Fajar, A. H. (2019). Analisis lalu lintas harian rata - rata (LHR) dalam menghindari kecelakaan. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik (JMBTL), 5(3), 359–366. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.54324/j.mbtl.v5i3.813
DOI: https://doi.org/10.38038/vocatech.v6i1.190
Refbacks
- There are currently no refbacks.
VOCATECH : Vocational and Technology Journal
Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat & Penjaminan Mutu
Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat
Komplek STTU Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23615
Telp. (0655) 7110271
Email: vocatech@aknacehbarat.ac.id
VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal Published by:
Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat & Penjaminan Mutu
Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat
Indexed by:
![Creative Commons License logo](/index.php/vocatech/manager/files/CCBYNCSA.png)
VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.