Pembuatan Animasi 3D Sosialisasi Penggunaan Jalur Simpangan dan Bundaran Ketika Berkendara

Maya Marselia, Cita Meysiana

Abstract


Abstract
This research aimed to make a 3D animated video used to provide information about the ethics of driving at intersections and roundabouts according to the rules that apply to the public or vehicle users to reduce traffic accidents. This research uses the MDLC (Multimedia Development Life Cycle) method. Making this 3D animated video consists of several stages, starting from the initial stage, namely determining the idea, the data collection stage, the storyboard design, modeling process, texturing, rigging, animating, and rendering using the blender and make human applications. After the rendering process is complete, the next stage is editing by providing text, image, transitions effects using the Adobe Premiere Pro applications and adding audio as the voice-over to the story script. The last stage is the final rendering process. This research produces a 3-dimensional animated video socializing driving ethics by focusing on intersections and roundabouts with a duration of 7 minutes 47 seconds, with an MP4 file format and a file size of 691 MB.


Keywords:
3D animation, Blender, socialization video
_________________________

Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah pembuatan video animasi 3D yang digunakan untuk memberikan informasi tentang etika berkendara di simpangan dan bundaran sesuai dengan aturan yang berlaku bagi masyarakat atau pengguna kendaraan, agar dapat mengurangi tingkat kecelakaan pada lalu lintas. Penelitian ini penggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dan dalam pembuatan video animasi 3D terdiri dari beberap tahap yaitu dimulai dari tahap awal yaitu penentuan ide, tahap pengumpulan data, hingga perancangan storyboard, proses modelling, texturing, rigging animating, dan rendering menggunakan aplikasi Blender dan Makehuman. Setelah proses rendering selesai, tahap selanjutnya adalah final editing dengan memberikan teks, gambar, efek transisi menggunakaan aplikasi Adobe Premiere Pro serta menambahkan audio sebagai pengisi suara pada naskah cerita. Tahap terakhir adalah proses final rendering. Penelitian ini menghasilkan video animasi 3 dimensi sosialisasi etika berkendara berkendara dengan berfokus pada jalur simpangan dan bundaran berdurasi 7 menit 47 detik, dengan format file MP4 dan berukuran file 691 MB.

Kata Kunci:
Animasi 3D, Blender, video sosialisasi.
__________________________

Keywords


Animasi 3D; Blender; Video sosialisasi.

Full Text:

PDF

References


Anin. (2020). Sosialisasi dengan Video Animasi. https://animasistudio.com/sosialisasi-dengan-video-animasi/

Cahyadi, M. W., Arthana, I. K. R., & Pradnyana, I. M. A. (2020). Pengembangan Media Sosialisasi ” Disiplin Lalu Lintas ” Unit Dikyasa dengan Animasi Motion Graphic dan Konsep Art Animasi ” STudi Kasus : Unit Dikyasa Satlantas Polres Buleleng ”. 17(2), 254–264.

Candra. (2017). Manfaat Membuat Animasi Periklanan.

Darmawan, T. M. A., Khairani, S., & Budiman, A. (2020). Simulasi Lalu Lintas Berkendara Berbasis 3D di Perempatan Jalan. 41–48.

Defar. (2019). Tahap Dasar Pembuatan Animasi 3D.

Haryoko, S. (2012). Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi, 5.

Hobbs. (2009). Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas. Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil, 53(9).

Lu, Z., Coster, X., & de Winter, J. (2017). How Much Time Do Drivers Need to Obtain Situation Awareness? A Laboratory-Based Study of Automated Driving. Applied Ergonomics, 60(2013), 293–304. https://doi.org/10.1016/j.apergo.2016.12.003

Marselia, M., Kusrini, & Fatta, H. Al. (2017). Perancangan Video Iklan Tiga Dimensi Institut Teknologi Del. Yogyakarta : STMIK AMIKOM.

Moleong, L. J. (2012:330). (2013). Teknik Pengambilan Data. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Nalendra, A. K., Mujiono, M., Akhsani, R., & Wahyu U, A. S. (2020). Implementasi Algoritma K-Mean dalam Pengelompokkan Data Kecelakaan (Studi Kasus Kabupaten Kediri). VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal, 1(2).

Ollie, J., & Thomas, F. (1981). 12 Dasar Prinsip Animasi.

Priyoatmoko, W. (2017). Pembuatan Video Animasi 2D Penyuluhan Tertib Berlalu. 13(1), 19–25.

Rubil, R., Arini, A., & Syam, A. S. (2013). Visualisasi 3 Dimensi Tumbuhan Langka di Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 4(2). https://doi.org/10.21512/comtech.v4i2.2492

Syahfitri, Y. (2011). Teknik Film Animasi dalam Dunia Komputer. Jurnal SAINTIKOM, 10(3).

Tamin, O. Z. (2008). Perencanaan, Permodelan, & Rekayasa Transportasi : Teori, Contoh Soal, dan Aplikasi. In Itb.

Widiaty, I., Achdiani, Y., Kuntadi, I., Mubaroq, S. R., & Zakaria, D. (2018). The 3D Digital Story-Telling Media on Batik Learning in Vocational High Schools. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 306(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/306/1/012062




DOI: https://doi.org/10.38038/vocatech.v2i2.55

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOCATECH : Vocational and Technology Journal
Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat & Penjaminan Mutu
Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat

Komplek STTU Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23615
Telp.  (0655) 7110271
Email: vocatech@aknacehbarat.ac.id

 

VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal Published by:

Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat & Penjaminan Mutu
Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat

Indexed by:

       

 

VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017. VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal (p-ISSN 2716-5183, e-ISSN 2686-4770)