Pengaruh Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Vokasi di SMKN 2 Langsa
Abstract
Abstract
Process science skills are essential abilities that students need to continue to thrive and survive in the 21st century. The purpose of vocational education, which is to prepare students to enter the world of work, so that in addition to practical skills, vocational students also need to develop science process skills which are an important basis in adapting to technological changes that occur in the modern era. Therefore, changes in teaching and learning patterns both in terms of approach or teaching methods need to be done. The study aims to answer the question of whether the application of the community science technology (STM) approach affects the science process skills of vocational students. This study used an experimental method of pretest postest control group design. The study was conducted in one of the vocational schools in Langsa City with a research subject of 50 students divided into two classes, experimental and control classes, each with 25 students. The parameter measured is the science process skills. A multiple-choice objective test with five answer options is used as an instrument. Data collection is carried out through pretest and post-test. To perform data analysis of science process skills, pretest result is compared with the n-Gain. In addition, significance was tested by a two-mean difference test using an independent sample t-test. The final ability results showed significantly different results, namely thit (3.95) > ttab (2.00). Conclusion of this study is that the application of the STM approach affects the science process skills of vocational students.
Keywords:
Science process skills; science technology society; vocational students.
Abstrak
Keterampilan proses sains merupakan kemampuan penting yang diperlukan siswa untuk terus berkembang dan bertahan hidup di abad ke-21. Sesuai dengan tujuan pendidikan vokasi yaitu untuk mempersiapkan siswa memasuki dunia kerja, sehingga selain keterampilan praktis, siswa vokasi juga perlu mengembangkan keterampilan proses sains yang menjadi dasar penting dalam beradaptasi dengan perubahan teknologi yang terjadi di era modern. Oleh karena itu, perubahan pola belajar mengajar baik dari sisi pendekatan atau metode mengajar perlu dilakukan. Penelitian bertujuan untuk menjawab pertanyaan apakah penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa vokasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental desain pretest postest control group. Penelitian dilakukan di salah satu SMK di Kota Langsa dengan subjek penelitian 50 siswa yang dibagi menjadi dua kelas, kelas eksperimen dan kontrol, masing-masing dengan 25 siswa. Parameter yang diukur adalah keterampilan proses sains. Tes objektif bentuk pilihan ganda dengan lima opsi jawaban diguakan sebagai instrumen. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan post-test. Untuk melakukan analisis data keterampilan proses sains, kemampuan awal (hasil pretest) dibandingkn dengan kemampuan akhir (n-Gain). Selain itu, signifikansi diuji dengan uji beda dua rata-rata menggunakan independent sample t-test. Hasil kemampuan akhir menunjukkan perbedaan hasil yang berbeda signifikan yaitu thit (3,95) > ttab (2,00). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan STM berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa vokasi.
Kata Kunci:
Keterampilan proses sains; sains teknologi masyarakat; siswa vokasi
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aikenhead, G. S. (2006). Science education for everyday life: evidence-based practice. Teachers College Press.
Akcay, B., & Akcay, H. (2015). Effectiveness of science-technology-society (STS) instruction on student understanding of the nature of science and attitudes toward science. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 3(1), 37–45. https://eric.ed.gov/?id=EJ1059047
Anwar, M., & Sugiharto, D. Y. P. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran biologi dengan pendekatan bioenterpreneurship untuk meningkatkan keterampilan proses ilmiah dan minat berwirausaha siswa. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 1(1). https://doi.org/10.15294/IJCET.V1I1.129
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: edisi revisi. Bumi Aksara.
Asyari, M. (2006). Penerapan pendekatan STM dalam pembelajaran sains di sd. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Autieri, S. M., Amirshokoohi, A., & Kazempour, M. (2016). The science-technology-society framework for achieving scientific literacy: an overview of the existing literature. European Journal of Science and Mathematics Education, 4(1), 75–89. https://eric.ed.gov/?id=EJ1107767
Bell, R. L., Smetana, L., & Binns, I. (2005). Simplifying inquiry instruction. The Science Teacher, 72(7), 30–33. https://www.researchgate.net/publication/228665515_Simplifying_inquiry_instruction
Cedefop, E. (2018). Skills forecast: trends and challenges to 2030. Luxembourg: Publications Office. Cedefop Reference Series, 108.
Chantaranima, T., & Yuenyong, C. (2014). The outcomes of teaching and learning about sound based on science technology and society (STS) approach. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 116, 2286–2292. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.561
Daryanto, I. E., Darwin, M. P., Siregar, I. B., & Januariyansah, S. (2022). Model manajemen pelatihan pendidikan vokasi. UMSU Press.
Hasan, R. (2022). Implementasi nilai pendidikan karakter melalui pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi vokasi (studi kasus di AKN aceh barat). VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal, 4(1), 76–84. https://doi.org/10.38038/vocatech.v4i1.105
Hodson, D. (2003). Time for action: Science education for an alternative future. International Journal of Science Education, 25(6), 645–670. https://doi.org/10.1080/09500690305021
Hurd, P. D. (1998). Scientific literacy: new minds for a changing world. Science Education, 82(3), 407–416. https://doi.org/10.1002/(SICI)1098-237X(199806)82:3<407::AID-SCE6>3.0.CO;2-G
Jamilah, J. (2018). Pengaruh model pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) terhadap keterampilan berpikir kritis dan Sikap ilmiah siswa smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 8(2), 54–64. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/2925/1556
Kapici, H. O., Akcay, H., & Yager, R. E. (2017). Comparison of science-technology-society approach and textbook oriented instruction on students’ abilities to apply science concepts. International Journal of Progressive Education, 13(2), 18–28. https://avesis.yildiz.edu.tr/yayin/6bcc2201-9612-49a7-8aac-79c9082efc62/comparison-of-science-technology-society-approach-and-textbook-oriented-instruction-onstudents-abilities-to-apply-science-concepts
Kresna, I. W. S., Sumantri, M., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh model pembelajaran STM (sains teknologi masyarakat) terhadap hasil belajar ipa siswa kelas iv gugus viii kecamatan Buleleng. MIMBAR PGSD
Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2556
Levy, F., & Murnane, R. J. (2004). Education and the changing job market. Educational Leadership, 62(2), 80. https://eric.ed.gov/?id=EJ716780
Luthfi, L. (2023). Persepsi mahasiswa vokasi terhadap pembuatan tugas video pada mata kuliah pendidikan agama di AKN aceh barat. VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal, 4(2). https://doi.org/10.38038/vocatech.v4i2.116
Mudjiono, D. (2002). Belajar dan Pembelajaran. In Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Ningsih, N. L. E., Karyasa, DR. Rer. N. I. W., Suardana, D. I. N., & Si, M. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran kimia dengan setting sains teknologi masyarakat (STM) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep kimia siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 5(1). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/1567/1223
Ongowo, R. O. (2017). Secondary school students’ mastery of integrated science process skills in Siaya County, Kenya.
Osborne, J., & Dillon, J. (2008). Science education in europe: critical reflections (Vol. 13). London: The Nuffield Foundation. https://efepereth.wdfiles.com/local--files/science-education/Sci_Ed_in_Europe_Report_Final.pdf
Permanasari, A. (2011). Pembelajaran sains: wahana potensial untuk membelajarkan soft skill dan karakter. Seminar Nasional Pendidikan IPA) Universitas Lampung.
Rustaman, N. Y. (2011). Pendidikan dan penelitian sains dalam mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi untuk pembangunan karakter. Prosiding Seminar Biologi, 8(1).
Sadia, I. W. (2014). Model-model pembelajaran sains konstruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sadia, I. W. (2015). Membangun insan yang literasi sains & teknologi dan berkarakter melalui implementasi model pembelajaran sains-teknologi-Masyarakat (STM). Prosiding Seminar Nasional MIPA.
Saraswati, S., Supriyatna, N., Rahayu, S., & Wiharja, H. (2023). Pengaruh pemberian tugas terstruktur terhadap hasil belajar siswa kelas xi pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi di SMK pu negeri Bandung. VOCATECH: Vocational Education and Technology, 4, 2. https://doi.org/10.38038/vocatech.v4i2.97
Semiawan, C., Tangyong, A. F., Belen, S., Matahelemual, Y., & Suseloardjo, W. (1992). Pendekatan keterampilan proses sains. Jakarta: PT. Gramedia.
Smitha, E. T., & Aruna, P. K. (2014). Effect of science technology society approach on achievement motivation in biology of secondary school students of kasaragod district. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 19(4), 54–58. https://www.iosrjournals.org/iosr-jhss/papers/Vol19-issue4/Version-7/I019475458.pdf
Sugiyono, D. (2010). Memahami penelitian kualitatif. Alfabeta.
Suprianto, S., & Kholida, S. I. (2016a). Pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SMA hidayatun najah. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 2(1). https://doi.org/10.30870/gravity.v2i1.915
Suprianto, S., & Kholida, S. I. (2016b). Pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SMA hidayatun najah. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 2(1). https://doi.org/10.30870/gravity.v2i1.915
Widayanto, W. (2009). Pengembangan keterampilan proses dan pemahaman siswa kelas x melalui kit optik. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/991/910
Yager, R. E. (1996). Science/technology/society as reform in science education. Suny Press.
DOI: https://doi.org/10.38038/vocatech.v5i2.177
Refbacks
- There are currently no refbacks.
VOCATECH : Vocational and Technology Journal
Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat & Penjaminan Mutu
Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat
Komplek STTU Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23615
Telp. (0655) 7110271
Email: vocatech@aknacehbarat.ac.id
VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal Published by:
Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat & Penjaminan Mutu
Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat
Indexed by:

VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.